Selasa, 28 Oktober 2014

Kelebihan Dan Kekurangan Memakai Velg Ring 17 Pada Tiger Revo

Tiger Revolution Cruiser adalah salah satu motor legendaris dari Honda, motor yang dibuat untuk penggila touring. Motor 200cc ini terlihat gagah dan macho di tampilan atasnya akan tetapi terlihat kurus pada sektor kaki-kaki sehingga banyak owner Tirev yang mengganti sector kaki-kaki yang semula memakai velg ring 18 menjadi ring 17.
Karena velg ring 18 adalah bawaan pabrik mestinya Produsen telah memperhitungkan dengan cermat dan presisi disesuaikan dengan karakteristik motor, sehingga ketika owner mengganti velg ring 17 akan timbul masalah baru, dan masalah-masalah tersebut akan saya ulas berikut ini:
A. Masalah yang akan terjadi memakai velg ring 17 dengan mesin, gear dan lengan ayun standar
1. Dengan ban belakang ukuran 130/70 dan depan 100/80 saja tarikan awal akan terasa berat sehingga mesin serasa meraung
2. Apabila ban belakang ukuran 130/70 (atau lebih besar lagi) dijamin rantai bakal bergesekan dengan ban, sebenarnya ini hampir tidak ada resiko karena ban yang tergesek Cuma bagian luarnya saja
3. Karet angkatan akan cepat aus (beli di ahass skitar 35rb)
4. Bosh arm lengan ayun akan cepat oblak (itung-itung yg kw-kwan 20-50rb, kw1 90rb, orinya hampir 300rb!!)
5. Rantai akan cepat melar (apalagi yang kw milik indop**t ato merk-merk cina harga 100rbuan)
6. Mesti ganti slebor depan (biasanya pake punya ninja kw aja skitar 60rb, pasangnya mesti coak dulu dan pake tambahan dudukan…ribet)
7. Standard samping jadi kepanjangan
B. Bagusnya pake velg ring 17
1. Mantap di tikungan
2. Tetap anteng pada kecepatan 110kmj
3. Motor serasa lebih pendek dan makin kekar atas bawah
4. Nyaman di segala medan dan cuaca

Kira-kira begitu kelebihan dan kekuranganya memakai ban dan velg bukan ukuran pabrik, solusinya jika tetap pakai velg ring 17 yaitu jangan pasang ban yang terlalu lebar misanya 100/80 untuk depan dan 120/70 untuk bagian belakang…atau pasang ban yang lebih kecil, seperti para abg jaman sekarang. Keep safety riding brother....

34 komentar :

  1. 12.12.0337
    http://goo.gl/nPGNK8

    BalasHapus
  2. Gan kalo as belakang pake ganjel ngk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak bos, lgsung pnp, kecuali kalo ban nyampe 150/17/70 baru pake ganjel

      Hapus
  3. Tapi bisa kena shock belakang tuh ban pinggir nya kalo pake velg ring 17.kalo ban nya guede

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya bisa pake monoshok atau ganti swing arm..biayanya berat dan perlu penyesuaian sana-sini

      Hapus
  4. Masih binggung,apa ia klw betulin gir tiger yg Oblak mesti ketukang Bubur mohon solusinya mengatasi gir yg Oblak dari trobol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ane dipapas aja terus diganjal pake layer tambahan

      Hapus
    2. kasih breket penahan gir gan..cari di toko online banyak tinggal plug n play, saya sudah pakek

      Hapus
    3. Izin diskusi suhu, kaya mana bracket penahan gear itu? Trims.

      Hapus
    4. coba googling gan, bentuknya kaya bos as roda

      Hapus
    5. Pakai breket gir buat di tukang bubut biaya kurleb sekitar 120rb blm termasuk bering kurleb 45rb
      Klo ane pakai bering mesin biar awet bkn bering velg .

      Hapus
  5. Tiger ane,ban depan harus pake 90/70-17,lau ukuran lebih besar pasti mentok spakbor,

    BalasHapus
    Balasan
    1. slebornya ganti punya ninja 250 atau new cb 150, pasti tidak mentok

      Hapus
  6. Assalamualaikum bos kalo motor lagi jalan geteran nya kenceng banget itu apanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan kopling terlalu ditertekan/kurang dilepas dikit koplingnya, terus giginya kalo jalan bisa harusnya gigi 2/3 malah pake gigi 4, saya pernah di kasi tau orang karna saya ngalamin

      Hapus
  7. minta solusinya standar samping bisa di ganti apa di potong buat pelk 17

    BalasHapus
    Balasan
    1. standar saja mas ga usah diganti, yang penting hati2 pas standar 1

      Hapus
  8. Aku pny tirev08 msh ori tmsk bannya. Ni mau coba ganti pakbar bru bli bks. Dulu pernah coba sgr sy lepas krn brisik. Mau nyoba lg mga tdk brisik. Apa sebabnya suara rantai brisik tp jk yg bawaan tdk brisik ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ban msh bawaan th 2008, saranku ganti aja meski belum gundul, krn usia karet ban sudah belasan tahun. Pengalamanku, secara bersamaan, bagian samping ban depan dan belakang retak melingkar mengikuti pola ban ketika perjalanan luar kota. Untung msh bisa ditopang ban dalam buat dibawa pelan dan cari bengkel terdekat.

      Hapus
  9. Velg CB 150 R apakah PNP buat tirev?

    BalasHapus
  10. Kalo ban belakang pake 110/70 gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pengen keliatan kekar ya belum maksimal itu gan

      Hapus
  11. Velg depan pake jari2 300-17 ban 120/70 mentok kanan kiri sama spakbor gk ya. Mohon petunjuk suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai yang 110/70/17 aja pakai spakbor variasi udah mefet banget tu gan apalagi pakai 120

      Hapus
  12. Tirev 08 guwe msh ori 100% kinclong dg baru dpt 20rb km. Ni guwe jajal pakai velk bekas r130/17-100/17 nyaman aja. Gak brisik rantai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masih baru mending main standar aja gan, harta karun itu...saya aja kalo diler masih jual pengin tuker ama yg baru

      Hapus
  13. kalo tirev belakang pake ban 120 velg ori kira" masih recomended gak ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. velg ring 18 untuk pakai bak tapak lebar susah nyari banya gan, pakai 120 juga masih nampak kecil, karena velg standar kan ga lebar

      Hapus
  14. Solusi gear belakang biar ga Oblak tahan jangka panjang gan?

    BalasHapus
  15. Velg 18 pake ban depan 100/80 dan belakang 120/80 recommended gak gan trus ngaruh gak ke kaki2 nya

    BalasHapus
  16. Saya pake velg ninja rr kira2 pake ban ukuran brapa ya biar enak dilihat...trims suhu..🙏

    BalasHapus
  17. Velg ukuran 3,5 inc dpn 2,5 inc kira² klo di pasang pake arm bawaan asli tiger bnyk perubahan g min

    BalasHapus

Posting Lebih Baru Posting Lama
 

Copyright © Remember Me Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger